Pengertian Shoutcast

shoutcast
SHOUTcast adalah sistem multiplatform  transmisi audio melalui Internet ( audio streaming ), yang diciptakan oleh Nullsoft . Gunakan MP3 atau AAC untuk audio encoding dan protokol HTTP (atau multicast) untuk transmisi. Klien dan server dapat menggunakan software yang  tersedia untuk Windows, FreeBSD, GNU / Linux, Mac OS.

Program yang kompatibel dengan SHOUTcast memungkinkan pengguna untuk membuat radio  online sendiri dan dapat menggunakan program populer seperti WinAmp , XMMS dan iTunes .

Streaming adalah teknologi yang memungkinkan pengiriman informasi melalui paket multimedia, menggunakan jaringan komputer, khususnya Internet. Bila sambungan jaringan broadband, kecepatan transmisi informasi lebih tinggi, maka audio dan video yang ditransmisikan akan  real time.

Ada yang menggunakan teknologi multicast IP untuk transmisi data dari satu titik ke beberapa titik lain penerimaan (satu untuk N).

Saat ini, FM dan AM radio dan TV serta beberapa perusahaan yang membuat program, menggunakan teknologi digital untuk interaksi dengan pendengar dan klien. Shotucast juga digunakan oleh para penyedia jasa pembuatan radio streaming .

Transmisi digital pertama yang menggunakan teknologi streaming berdasarkan MP3 SHOUTcast dikompresi untuk 128kbps (kualitas CD), tetapi karena Internet belum mampu mendukung kecepatan transmisi tinggi, proyek ini ditangguhkan.

0 comments:

Posting Komentar